PENDIDIKAN AL-QURAN
RUMAH QURANI INDONESIA

PENGANTAR
Umat Islam yang mayoritas di negeri ini memiliki potensi besar untuk memajukan bangsa dan agamanya. Terlebih lagi mahasiswa sebagai agen perubahan negeri ini, mereka memiliki potensi yang amat kuat untuk melakukan transformasi kaum Muslimin agar lebih baik. Potensi tersebut dapat digali secara maksimal melalui pendidikan mereka, baik pendidikan formal maupun informal. Salah satu pendidikan informal yang dapat membangkitkan semangat hidup dan mewarnai kehidupan mereka adalah mempelajari ilmu agama. Tanpa agama manusia hidup tanpa tujuan dan harapan ke masa depannya, yakni masa ketika mereka dipanggil kembali oleh Zat yang memiliki kehidupan ini.
Realita saat ini menunjukkan bahwa umat Islam Indonesia masih banyak yang tidak tahu agamanya. Banyak orang tua yang hanya bisa melakukan shalat saja, sementara ketika disuguhkan al-Quran untuk dibaca, mereka tidak bisa membacanya. Para remaja pun tanpa ada dorongan dari orang tuanya agar senantiasa membaca al-Quran, tidak akan melakukannya dengan kesadaran sendiri. Akibatnya rumah tangga banyak masalah dan hati senantiasa gelisah karena Rasulullah Saw. Bersabda: "Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan (menjadi sarang setan). Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqaran." (HR. Tirmidzi)
Oleh karena itu, pendidikan al-Quran bagi kalangan orang tua, dewasa, remaja, dan anak-anak sangat penting untuk dapat mewarnai kehidupan pribadi mereka, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat pada umumnya. Tujuannya agar mereka diarahkan pada kondisi yang baik yang akan memberikan pengaruh positif pada setiap individu. Sehingga krisis multidimensi yang terjadi, seperti lemahnya keyakinan, sifat malas, pesimis, dan kerusakan moral akan dapat teratasi.
Masjid merupakan salah satu sarana yang terbaik dalam menggembleng masyarakat yang ”buta huruf” al-Quran, yakni bukan hanya buta terhadap pembacaan al-Quran saja melainkan buta terhadap isi-isi kandungannya. Padahal ia adalah pedoman hidup mereka. Bagaimana mungkin seorang sukses dalam hidupnya sementara ”buku panduan kehidupannya” tidak pernah dipelajari dengan seksama dan penuh perhatian, bahkan terkesan diabaikan?! Maka, perlu ada upaya untuk merubah kecintaan mereka pada hal yang negatif menuju kecintaan pada al-Quran dan cinta pada nilai-nilai kesuksesan dan kebahagiaan.
Dengan sebuah keyakinan bahwa setiap umat Islam merindukan kebahagiaan hakiki dunia- akhirat, maka didirikanlah RUMAH QUR’ANI INDONESIA (RuQI) pada tanggal 1 Ramadhan 1429 H/ 1 September 2008 dalam rangka membangun semangat dan mental spiritual yang baik, bagi para orang tua, mahasiswa dan pelajar.

VISI
MEMBENTUK GENERASI RABBANI DAN MASYARAKAT BERBUDAYA QURANI

MISI
MENCETAK GENERASI PENGHAFAL, PENDIDIK DAN PENGAMAL AL-QURAN DAN MEMBIMBING MASYARAKAT MENGETAHUI AL-QURAN DAN ISI KANDUNGANNYA

TEMA PENDIDIKAN
”FAHM AL-QURAN FATH SA’ADAH AD-DARAIN”
Pendidikan al-Quran yang memiliki nilai plus, tidak sekedar mempelajari bagaimana cara bacaan yang baik, lebih dari itu juga berusaha memberikan pemahaman isi kandungan al-Quran. Membuka tabir al-Quran merupakan sarana untuk membuka pintu kebahagiaan di dunia dan akherat.

TUJUAN PENDIDIKAN
1. Membangun kecintaan pada al-Quran
2. Membangkitkan gairah keagamaan
3. Membangun akhlak mulia sebagai modal sukses dunia akhirat
4. Menumbuhkan kecintaan pada belajar/menuntut ilmu
5. Mendekatkan pelajar pada kepribadian Qur’ani

TARGET PENDIDIKAN
Peserta diharapkan akan mengalami berbagai peningkatan diantaranya :
· Peserta mampu membaca al-Quran dengan baik
· Peserta mampu menghafalkan al-Quran seluruhnya atau sebagiannya.
· Peserta mampu memahami sedikit-banyak kandungan isi al-Quran
· Peserta antusias untuk memiliki akhlak yang mulia
· Peserta termotivasi untuk mengenal lebih dekat dengan Al-Qur’an
· Peserta terdidik siap untuk terjun ke masyarakat dalam rangka dakwah dan mengajarkan al-Quran.

OBJEK PENDIDIKAN
Pendidikan ini tidak dibatasi oleh umur: anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Namun untuk program penghafal al-Quran dikhususkan untuk para Mahasiswa.

WAKTU PENYELENGGARAAN
RUQI berdiri sejak tanggal: 1 September 2008 M / 1 Ramadhan 1429 H. Semester genap ini diawali sejak hari Rabu, 1 April 2009 - 30 September 2009.

LOKASI KEGIATAN
Masjid al-Muhajirin, belakang Asrama Putra UIN Pisangan Ciputat Tangerang.

JUMLAH KELOMPOK SASARAN
NO.
|
JENIS PENDIDIKAN
|
TAHUN USIA
|
JUMLAH
SISWA
| |||
3 – 4
|
4 – 5
|
6 – 16
|
17–50
| |||
1
|
Tingkat SD
|
-
|
-
|
15
|
-
|
15
|
2
|
Tingkat SMP/ SMA
|
-
|
-
|
10
|
-
|
10
|
3
|
Tingkat MAHASISWA
|
-
|
-
|
-
|
30
|
30
|
4
|
Tingkat Dewasa/ orang tua
|
-
|
-
|
-
|
10
|
10
|
TOTAL
|
-
|
25
|
30
|
55
|

STRATEGI PROGRAM
1. Partisipatif :
Ø Tidak membatasi untuk kalangan usia tertentu, semua umur boleh belajar di Rumah Qurani sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
Ø Berperan aktif dalam pembinaan al-Quran kepada masyarakat dalam bentuk penawaran program dan pelaksanaannya.
2. Kualitatif :
Ø Tidak mengutamakan jumlah kelompok sasaran tetapi lebih mementingkan kualitas pelaksanaan program dan outputnya.

1. Pemberantasan buta huruf al-Quran (tahsin, tilawah dan tahfizh al-Quran).
2. Motifasi al-Quran (menggugah potensi diri dengan al-Quran sebagai basic pengembangan pribadinya)
3. Training Pendidikan Keluarga Qurani
4. Training Nafas Kesadaran menuju Insan Kamil.
5. Majelis Zikir al-Quran (MEZIQ)
6. Kursus Tilawatil Quran bittaghanni,
7. Pembinaan anak-anak Yatim Piatu dan Miskin.
8. Pembinaan peserta Musabaqah Tilawatil Quran
9. Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Se-Jakarta dan Tangerang.
10. Pembinaan Masyarakat Qurani (BIMASQU)
a. Pengajian Bapak-Bapak
b. Majlis Ta'lim Ibu-ibu
c. Pembinaan Generasi Muda
11. Kajian-kajian tentang al-Quran dan Hukum Islam.

NO.
|
STATUS AWAL
|
PROGRAM INTERVENSI
|
STATUS AKHIR
|
1
|
Siswa tidak bisa membaca
|
Program Qiroati
|
Bisa membaca
|
2
|
Tidak Fasih membaca
|
Program Tahsin
|
Fasih dan bagus dalam bacaannya
|
3
|
Sukar hafal ayat-ayatnya
|
Program talaqqi jama’i dan sima'an al-Quran
|
Hafal ayat-ayat al-Quran
|
4
|
Susah memahami maknanya
|
Metode terjemah perkata, isyarat tangan dan cerita
|
Faham makna dan isi kandungannya
|
5
|
Bosan mengulang hafalan
|
Metode games sambil mengulang hafalan
|
Giat dalam mengulang hafalan dan kuat ingatannya
|
6
|
Perilaku anak kurang baik
|
Program pembinaan mental dan pendidikan agama
|
Anak berperilaku baik
|
7
|
Tidak tahu ilmu pengetahuan yang terkait dengan al-Quran
|
Memberi pengetahuan tentang ilmu-ilmu tersebut: diskusi, kajian atau dengan pemutaran film dokumentasi karya Harun Yahya
|
Mengetahui dan menghayati kemukjizatan al-Quran
|
8
|
Kurang semangat dalam berdakwah
|
Training motivasi dan leadhersip
|
Semangat berdakwah dengan ilmu yang dimilikinya
|

PEMANDU PROGRAM
· Tim guru Rumah Qurani Indonesia
· Tutor yang ahli di bidangnya

JADWAL AKTIFITAS RUTIN
HARI
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
SENIN
|
BAKDA SHUBUH
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
|
BAKDA ASHAR
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
| |
BAKDA ASHAR
|
TAHSIN
|
MAHASANTRI (PA)
| |
BAKDA MAGHRIB
|
KAJIAN TAFSIR
|
MAHASANTRI & UMUM
| |
SELASA
|
BAKDA SHUBUH
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
|
BAKDA ASHAR
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
| |
BAKDA ASHAR
|
TAHSIN
|
MAHASANTRI (PI)
| |
BAKDA MAGHRIB
|
KAJIAN HADIS
|
MAHASANTRI & UMUM
| |
RABU
|
BAKDA SHUBUH
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
|
BAKDA ASHAR
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
| |
BAKDA ASHAR
|
TAHSIN
|
MAHASANTRI (PA)
| |
JUMAT
|
BAKDA SHUBUH
|
TAHFIZH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
|
BAKDA ASHAR
|
TILAWAH AL-QURAN BITTAGHANNI
|
MAHASANTRI (PA+PI)
| |
BAKDA MAGHRIB
|
KAJIAN ULUMUL QURAN
|
MAHASANTRI (PA+PI)
| |
SABTU
|
BAKDA ASHAR
|
QIROAH SAB'AH
|
MAHASANTRI (PA+PI)
|
BAKDA ISYA (MINGGU KE 2 & 3)
|
TRAINING NAFAS KESADARAN
|
MAHASANTRI & UMUM
| |
AHAD
|
MINGGU KE -1 (SEWAKTU-WAKTU BISA BERUBAH)
|
MEZIQ
|
MAHASANTRI (PA+PI)
|
Program tahfizh dilaksanakan seharí sekali, mahasantri akan memilih waktu yang tepat bagi mereka antara pagi atau sore.

SARANA DAN PRASARANA
Sampai saat ini, RUQI belum memiliki sarana dan prasarana milik sendiri. Semuanya masih dalam status menyewa atau kerja sama. Adapun yang diperlukan saat ini adalah:
1. Pembebasan lahan
2. Pembangunan gedung pengajaran
3. Pembangunan asrama mahasantri penghafal al-Quran (Para Mahasiswa yang lokasi kampusnya berdekatan dengan RUQI).

ANGGARAN BIAYA
Berikut ini adalah anggara biaya RUQI selama satu semestre (6 bulan):
No
|
Item
|
Unit
|
Biaya Unit
|
Akum
|
Total Biaya
|
A
|
Tahapan Sarana
| ||||
Pembebasan Lahan
|
500 M
|
Rp 500,000/ Mtr
|
Rp 250,000,000
| ||
B
|
Kesekretariatan
| ||||
Proposal Bundel Color
|
10
|
@ Rp 30,000
|
Rp 300,000
| ||
![]() |
Proposal Bundel B/W
|
20
|
@ Rp 15,000
|
Rp 300,000
| |
Pembuatan web site
|
1
|
Rp 2,000.000
|
Rp 2,000.000
| ||
Telephon rumah
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300,000
| ||
Bulletin Bulanan
|
100
|
Rp 300,000
|
Rp 300,000
| ||
LCD In Fokus
|
1
|
Rp
5,000,000
|
Rp 5,000,000
| ||
Total A
|
Rp. 8,200,000
| ||||
C
|
Program Rutin
| ||||
Tahfizh, Ta'lim, Tahsin
| |||||
Tahfizh
|
1 Ust.
|
Rp 1500,000
|
6 Bln
|
Rp 9,000,000
| |
Sewa asrama Tahfizh
|
2
|
@ Rp 4000,000
|
6 Bln
|
Rp 8,000,000
| |
Tahsin
|
3 Ust.
|
@ Rp 1500,000
|
6 Bln
|
Rp 27,000,000
| |
Ta'lim
|
5 Ust.
|
@ Rp 500,000
|
16
|
Rp 8,000,000
| |
Tilawah Quran
|
1 Ust.
|
@ Rp 500,000
|
6 Bln
|
Rp 3,000,000
| |
MeZiQ
| |||||
Pembaca
|
10
|
Rp 100,000
|
6
|
Rp 6,000,000
| |
Penyemak
|
10
|
Rp 50,000
|
6
|
Rp 3,000,000
| |
Konsumsi
|
100
|
Rp 10,000
|
6
|
Rp 6,000,000
| |
Transportasi
|
@ Rp 300,000
|
6
|
Rp 1,800,000
| ||
Total B
|
Rp71,800,000
| ||||
D
|
Program Khusus
| ||||
Traning Pendidikan
Keluarga Qurani
| |||||
Honor Pembicara
|
2
|
Rp 1,000,000
|
Rp 2,000,000
| ||
Honor Moderator/ MC
|
1
|
Rp 500,000
|
Rp 500,000
| ||
Insentif Panitia
|
15
|
Rp 25,000
|
Rp 375,000
| ||
Honor Tim Nasyid
|
1
|
Rp 1,000,000
|
Rp 1,000,000
| ||
Cinderamata
|
2
|
Rp 100,000
|
Rp 200,000
| ||
Pembinaan Anak-anak Yatim & Miskin
| |||||
Pengajar
|
2
|
Rp 500,000
|
6 bln
|
Rp 6,000,000
| |
Santunan
|
20
|
Rp 300,000
|
6 bln
|
Rp 36,000,000
| |
Total C
|
Rp46,075,000
| ||||
E
|
Publikasi & Dokumentasi
| ||||
Handy camp
|
1
|
Rp 4,000,000
|
Rp 4,000,000
| ||
Kamera Digital
|
1
|
Rp 1,500,000
|
Rp 1,500,000
| ||
Total D
|
Rp5,500,000
| ||||
Total A + B + C + D
|
Rp. 333,475,000
|

SUMBER DANA :
1. Pengurus Rumah Qurani Indodesia
2. Donatur yang tidak mengikat
3. Gerakan Infak Cinta al-Quran (GericiQ)
REKENING RUQI
BANK SYARIAH MANDIRI CAB. CIPUTAT, ATAS NAMA BENDAHARA: ASMAUL HANIK, No. Rek. 0040059663
PENUTUP
Sesungguhnya Al Quran Ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.(QS. Al-Isra : 9)
Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar al-Quran dan mengajarkannya (HR. Bukhari)
Manusia memiliki kemampuan untuk memilih jalan bahagia atau sengsara. Kebahagiaan adalah milik mereka yang merindukannya dan sepenuh hati memilih langkah dan jalan yang akan membuahkan kesuksesan dan kebahagiaan.
Tertanda,
Dewan Pelaksana Rumah Qurani Indonesia
H. Ali Fahrudin, MA., al-Hafizh Abdul Basith
Direktur Sekretaris
Mengetahui,
Majelis Penasehat Rumah Qurani Indonesia

Prof. DR. H.M. Quraish Shihab, MA
STRUKTUR LEMBAGA
Pelindung : 1. Camat Ciputat
2. Lurah Pisangan
3. Pengurus Masjid al-Muhajirin
Majelis Penasehat : 1. Prof. DR. H. M. Quraish Shihab, MA
2. Prof. DR. H. Nasaruddin Umar, MA
3. Prof. DR. H. Salman Harun, MA
4. DR. Ahsin Sakho Muhammad, MA
5. Drs. Muhaimin Zain, MA
Dewan Penyantun :
1. H. Suryo Alam, SE. MBA
2. (Jend. Purn.) Drs. H. Dedi S. Komaruddin
3. Ramli, S. Ag
Dewan Pelaksana :
Direktur : H. Ali Fahrudin, MA. Al-Hafizh
Sekretaris I : Abdul Basith
Sekretaris II : M. Saiful Khoiruddin
Bendahara I : Asmaul Hanik, S.S
Bendahara II : Ibu Iin Nashiroh
Devisi T3 (Tahfizh, Tahsin Tilawah) Devisi BIMASQU
Sunarto Aruma
Safran Mahrus
Purwanto Yudi
Devisi MEZIQ Devisi Kajian Keilmuan
Mustafa Ali al-Hudaibi
Nidaul Islam Riqi Safari
Devisi Pencarian Dana
Haritsma Hamman
Sujanu HM
Posting Komentar
Silahkan anda bertanya atau mengomentari tulisan di atas, cantumkan email anda.