Home » » RUQI MEMBUKA PENDAFTARAN MAHASANTRI BARU

RUQI MEMBUKA PENDAFTARAN MAHASANTRI BARU

Written By PROFIL RUMAH QURANI INDONESIA on Selasa, 15 Desember 2009 | 15.46.00

RuQI membuka pendaftaran Mahasantri Baru setiap tahunnya. Di bawah ini syarat-syarat pendaftaran berikut Tujuan, Klasifikasi Pelajar, dll.

TUJUAN
Secara umum tujuan Pesantren Rumah Qurani ini adalah menyiapkan para mahasantrinya guna menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan agama yang mendalam, serta siap mengamalkannya. Di samping itu, pandai membaca al-Quran dengan fasih, menghafalkannya, dan memahami seluk beluk isi kandungan al-Quran beserta ilmu yang berkaitan dengannya. Mahasantri juga dituntut untuk belajar berdakwah dan memanfaatkan ilmunya di masyarakat sekitar.

KUALIFIKASI PELAJAR

Pelajar di Pesantren Rumah Qurani dibagi menjadi dua:
Umum : yang difokuskan kepada masyarakat sekitar yang ingin belajar membaca al-Quran dengan fasih dan menghafal ayat-ayat atau surat-surat tertentu. Mereka terdiri dari ibu-ibu, bapak-bapak dan remaja.
Khusus : yang difokuskan kepada mahasiswa atau setingkat dengan mereka yang berkeinginan kuat untuk menghafalkan al-Quran (selanjutnya disebut Mahasantri). Mereka ada yang muntadzim dan muntasib. Mahasantri muntadzim adalah mereka yang berhak tinggal di asrama, sedangkan muntasib adalah mereka yang tinggal di luar asrama.Baik mahasantri yang muntadzim maupun yang muntasib, keduanya memperoleh hak yang sama.

FORMAT DAN MASA PENDIDIKAN
Format pendidikan di Pesantren Rumah Qurani merupakan kombinasi antara sistem pesantren dan perguruan tinggi. antara zikir dan fikir. antara penghayatan dan pengamalan serta penalaran intelektual.
Masa pendidikan bagi mahasantri umum tidak dibatasi waktunya. sementara mahasantri khusus, masa pendidikan mereka maksimal tiga tahun. sedangkan waktu belajarnya adalah pukul 05.00-07.00 WIB, sementara waktu lainnya disesuaikan dengan jadwal yang disusun kemudian.

FASILITAS PENUNJANG
Kegiatan belajar-mengajar tidak dipungut biaya sama sekali. Sebagai gantinya setiap mahasantri wajib memiliki buku-buku utama yang menjadi referensi dalam pengajaran ilmu-ilmu al-Quran. Pesantren juga menyiapkan asrama tahfizh bagi mereka yang terpilih karena tempat sangat terbatas.

EKSTRA KURIKULER
Selain kegiatan belajar-mengajar, pesantren juga memiliki kegiatan rutinitas di luar kawasan pesantren:
Meziq (Majelis Zikir al-Quran) yang diisi dengan sima'an al-Quran oleh mahasantri tahfizh yang disemak oleh masyarakat sekitar masjid yang ditempati. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali.
Daurah al-Quran yakni sarana silaturrahmi anggota dan peningkatan penggemblengan rohani serta motifasi menghafal al-Quran. Kegiatan ini dilaksanakan dua bulan sekali.
Bulletin RUQI, media kreatifitas mahasantri dalam berdakwah dengan tulisan.
Persiapan Musabaqah Tilawatil Quran dan pendelegasiannya.
Delegasi guru-guru pengajar al-Quran untuk lembaga pendidikan atau privat.

KURIKULUM PESANTREN
Tahfizh al-Quran
Tahsin al-Qiraat
Tafsir al-Quran, kitab Shafwah at-tafasir karya Ali Ash-Shabuni
Tilawah al-Quran bi at-taghanni
Ulumul Quran, kitab Mabahits fi ulum al-Quran karya Manna al-Qaththan
Ahadits al-Fiqhiyyah, kitab Bulugh al-Maram karya Ibnu Hajar al-Asqallani
Qira'ah Sab'ah, kitab Asy-Syamil fi al-Qiraat al-Asyr al-Mutawatirah karya Abdurrahman Habsy

PENERIMAAN MAHASANTRI BARU
Persyaratan
a. Lulus SMA atau Aliyah atau Mahasiswa/i perguruan tinggi di Jakarta
b. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan pas photo 2 x 3 sebanyak 1 (satu) lembar dan 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar.
c. Biaya administrasi pendaftaran Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah)
d. Mengikuti ujian seleksi.
Waktu dan Tempat Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan di Masjid al-Muhajirin (Sdr. Mahrus) atau stand RUQI di halaman parkir Masjid Fathullah dimulai tanggal 6 - 20 Desember 2009, pukul: 09.00 - 14.00 WIB atau di Masjid al-Ikhlas (Sdr. Safran) atau di Masjid al-Mughirah (Sdr. Sunarto) atau diperwakilan setiap fakultas: Safran (fak. Dirosat Islamiyyah/081382110021), Sunarto (fak. Adab/085885696345), Riqi Safari (fak. Syariah/085310223422), Asep Saipuddin (fak. Tarbiyyah/085695454497), Sukron (fak. Kedokteran), Mahrus (STIE SEBI).
Ujian Seleksi
Ujian seleksi masuk Pesantren Rumah Qurani ini terbagi menjadi dua tahap: ujian tulis dan lisan. Bagi calon mahasantri baru yang lulus seleksi ujian tulis selanjutnya wajib mengikuti seleksi ujian lisan dengan jadwal sebagai berikut:
a. Ujian tulis dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2009 di Masjid al-Muhajirin (belakang ASPA/ kel. Pisangan), pukul 09.00 - 11.00 WIB (untuk putri) dan pukul 13.00 – 15.00 WIB (untuk putra).
b. Ujian lisan dilaksanakan di Masjid al-Muhajirin juga pada tanggal 27 Desember 2009 pukul 08.00 – selesai.
Materi Ujian
a. Materi ujian tulis meliputi: dasar-dasar ilmu tajwid, ilmu al-Quran dan pengetahuan agama Islam.
b. Materi ujian lisan membaca al-Quran dan wawancara.
Kelulusan dan Mulai Belajar
a. Kelulusan program tahsin dan tahfizh berdasarkan hasil ujian.
b. Peserta program tahfizh yang tidak lulus akan ditempatkan di program tahsin untuk sementara waktu sampai bacaannya fasih.
c. Nama peserta ujian yang lulus akan diumumkan di mading masjid al-Muhajirin pada tanggal 28 Desember 2009.
d. Kegiatan belajar-mengajar untuk Mahasantri baru mulai hari Rabu 30 Desember 2009.
e. Pembekalan dan Motifasi bagi Mahasantri baru RUQI akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad tanggal 2 – 3 Januari 2010.


PENGELOLA DAN PENGAJAR
Pesantren Rumah Qurani berada diasuh dan dikelola langsung oleh Ust. H. Ali Fahrudin, MA (Dosen tafsir dan ulumul Quran serta anggota tim Lajnah Pentashih al-Quran DEPAG RI) dan dibantu oleh beberapa guru lain yang ahli di bidangnya.

PENUTUP
Al-Quran adalah cahaya hidup seorang hamba. Ialah penuntun dari kegelapan dunia yang penuh dengan fatamorgana dan jalan kebahagiaan di akhirat yang kekal abadi. Siapa yang menjadikannya teman hidup di dunia, maka ia akan datang di alam kubur sebagai teman dan kekasihnya selama masa penantian hingga Yaumul Qiyamah terjadi. Karena itu, marilah kita berlomba-lomba menjadi kekasih al-Quran yang menuntun kita menjadi kekasih Allah dengan meletakkan ayat-ayat-Nya di hati kita.
Jika ada hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung di tempat pendaftaran atau menghubungi:
Abdul Basir (085262282724)
Sunarto (085885696345)
Ali Hudaibi (081328624170)

Ciputat, 17 Dzul Hijjah 1430 H
4 Desember 2009 M

Pengasuh Rumah Qurani Indonesia

H. Ali Fahrudin, MA
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan anda bertanya atau mengomentari tulisan di atas, cantumkan email anda.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rumah Qurani Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger